Share this :

Pada awal tahun ini banyak orang yang membuat resolusi dalam kehidupannya agar mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan; seperti ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar, mendapatkan pekerjaan yang bergaji tinggi, dapat ini dan itu. Hal ini tentunya sah-sah saja, namun pada akhirnya tidak bisa didapatkan. Hal itu karena resolusi seperti ini masih terlalu umum dan abstrak tidak detail dan mengabaikan proses. . Padahal kesuksesan adalah hasil dari proses yang dijalani terus menerus. Memang banyak orang menginginkan kesuksesan secara instan. Namun lupa pada prosesnya.

Untuk itu yang harus dilakukan untuk menggapai kesuksesan dan kebahagiaan yang diidam-idamkan adalah merubah kebiasaan-kebiasaan kita. Karena kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan secara terus menerus akan berdampak besar dan mengakibatkan hasil yang luar biasa. James Clear dalam bukunya ” Atomic Habits” dalam premisnya menjelaskan bahwa Kesuksesan seringkali terjadi BUKAN karena perubahan besar yang terjadi dalam sekejab, akan tetapi karena hal – hal kecil yang rutin Anda lakukan.

Memang merubah kebiasaan buruk tidak mudah. Untuk itu diperlukan beberapa langkah konkrit berikut ini :

  1. Merubah hasil / outcomes-nya, misal: Tujuan harus lebih jelas dan menantang seperti ingin lebih langsing, ingin menulis buku, ingin menang sebuah kompetisi.
  2. Merubah prosesnya, yaitu mengubah kebiasaan & prosesnya. Prosesnya harus lebih sepesific misal: mulai pergi ke gym, rutin menulis tiap hari, mengganti metode latihan
  3. Merubah identitas, yaitu mengubah belief, cara pandang dan citra diri

Sebagai contoh, ketika seseorang mencitrakan dirinya sebagai seorang penulis, dan memiliki goalnya adalah menulis 3 buku dalam setahun, maka proses yang harus dikerjakan adalah menulis satu hari satu lembar. Jika hal ini dilakukan secara kontinu past akan mengahsilkan goal yang telah dicita-citakan. Hal ini bisa dikiaskan dengan goal-goal lainnya. inilah yang akan menjadikan seseorang lebih sukses.

Mungkin pada awalnya berat tapi harus dipaksakan. Mengapa kebiasaan ini harus dipaksakan? Minimal ada dua alasan ; Pertaman, karena manusia cenderung malas untuk melakukan sesuatu yang baru. Untuk itu diperlukan motivasi yang kuat yang menyentuh emosinya. Seperti orang sakit yang ingin sembuh biasanya dapat dengan cepat merubah kebiasaan kebiasaannya. Cari hal apa yang sangat urgen dalam kehidupan kita sehingga dengannya saya harus berubah. Kedua, setiap proses yang kita lakukan pasti mendatangkan kebahagiaan dan kepuasan. Ketika seseorang sudah melakukan kebiasaan jalan pagi selama 10 menit dia pasti akan merasakan kebahagiaan. Dan kebahagiaan yang didapatkan secara terus menerus akan menghasilkan semangat, motivasi yang luar biasa. Dan semangat inilah yang akan menjadikan seseorang menjadi hebat dan sukses di kemudian hari.

Dengan demikian jika anda ingin sukses di masa depan maka mulailah dengan kebiasaan-kebiasaan kecil setiap hari yang dilakukan secara terus menerus. Karena dari kebiasaan-kebiasaan kecil inilah yang akan menjadikan anda hebat, besar, sukses dan bahagia. Hal itu sebagaimana sebuah hadis atau pepatah arab :

خير الامور ادومها وان قل

Artinya : Sebaik-baik perkara adalah yang dilakukan terus-menerus walaupun sedikit atau kecil.

Selamat mencoba!!!!!

Share this :