Share this :

Orang sukses bukan orang yang tidak pernah gagal dalam menjalani kehidupannya, melainkan mereka tidak pernah menyerah ketika menghadapi kegagalan. Mental mereka sangat gigih, pantang menyerah dan tidak pernah putus asa. Kesuksesan Rasul saw dalam mengemban misi ilahiah dan membangun masyarakat muslim dunia adalah hasil dari kegigihannya dalam berdakwah dan berjuang. Para ilmuwan muslim yang menemukan berbagai disiplin ilmu seperti Al-Farabi, Al-Biruni, Ibnu Sina, Al-Ghozali dan lainnya adalah berkat kegigihannya dalam menuntut ilmu dan melakukan penelitian-penelitian. Laksamana Peary baru berhasil mencapai kutub utara setelah berupaya 8 kali. Thomas Alfa Edison melakukan eksperimen 1000 kali sebelum berhasil menghasilkan penemuan bola lampu dan lebih dari 1000 paten lainnya. Begitu juga halnya dengan John Creasey ditolak 743 kali oleh penerbitnya sebelum berhasil menerbitkan 560 judul buku yang telah terjual lebih dari 60 juta copy. Begitu juga halnya dengan Albert Einstein, Abraham Lincoln dan lainnya mereka tidak memiliki kelebihan khusus kecuali kegigihan.

Tidak ada sesuatupun di dunia ini yang dapat menggantikan kegigihan. Bakat dan kecerdasan tidak mampu mengantarkan orang menjadi sukses. Banyak orang cerdas dan pintar, namun mereka tidak bisa menjadi sukses. Pendidikan tinggi tidak menjamin menjadi sukses. Hanya kegigihan dan tekad yang kuat yang memiliki kekuatan besar. Ketika kita memutuskan untuk tetap melanjutkan upaya hingga tercapainya tujuan, itulah yang disebut kegigihan.

Langkah pertama yang dapat menumbuhkan kegigihan adalah adanya target dan tujuan yang jelas. Target yang jelas dan terukur kita akan membangkitkan kegigihan. Ketika kita menghadapi banyak tantangan dan hambatan, maka sebaiknya fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Dengan adanya target juga biasanya kita akan terdorong untuk berkreativitas dalam menyelesasikan berbagai persoalan.

Langkah kedua yang dapat membangkitkan kegigihan adalah dengan banyak membaca sejarah dan kehidupan orang-orang yang sukses. Al-Qur’an banyak menceritakan sejarah orang-orang yang sukses dan orang-orang yang gagal dalam hidupnya. Hal itu untuk menjadi pelajaran bagi kita sekaligus untuk membangkitkan semangat kegigihan dalam menjalankan kehidupan kita. Betapa banyak hambatan dan rintangan yang dihadapi oleh mereka. Dan bagaimana cara dan kiat-kiat orang sukses dalam menghadapinya?

Ketiga, melakukan visualisasi akan sangat mempengaruhi semangat dan suasana hari-hari kita. Caranya adalah dengan mengosongkan pikiran terlebih dahulu, kemudian pejamkan mata, kemudian lihatlah diri kita sejelas-jelasnya dengan membayangkan hal-hal yang membahagiakan, misalnya saat kita sukses mengerjakan sesuatu dan mendapatka penghargaan atau lainnya. Melakukan visualisasi sesering mungkin dapat membangkitkan kegigihan.

Keempat adalah melakukan outo suggestion atau afirmasi yaitu melakukan ulangan dengan menulis atau mengucapkan sebauah harapan secara berulang-ulang. Misalnya, menyatakan ” Aku akan selalu menyambut hari baru dengan penuh senyum yang paling manis.  Aku akan menikmati setiap tantangan.” Mensugesti diri sendiri tentu akan sangat berdampak terhadap kegigihan. Sugesti akan lebih baik jika dilakukan setelah melakukan shalat lima waktu. Karena saat itu keadaan jiwa dalam keadaan tenang.

Kelima, memilih lingkungan dan komunitas yang baik. Lingkungan sangat mempengaruhi kegigihan seseorang. Ketika seseorang bergaul dan berinteraksi dengan orang-orang yang berpikiran sempit, maka sudah dapat dipastikan dia tidak akan gigih dalam menghadapi permasalahan apapun. Tetapi, manakala dia bergaul dengan orang-orang yang berpikiran luas, semangat dan gigih, maka dia akan terus bersemangat dan gigih dalam menghadapi permasalahan apapun. Orang yang hebat mendiskusikan ide-ide, orang yang biasa mendiskusikan situasi, sedangakan orang yang hidupnya susah akan cenderung membicarakan tentang kekurangan orang lain. 

Share this :